PROPIL SEKOLAH

SEJARAH SINGKAT SMK YZA 4 BOGOR

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YZA 4 Bogor awal berdiri bernama SMEA YZA Ciawi yang berkedudukan di Jl. Raya Ciawi Km 9 Bogor. Merupakan salah satu sekolah yang didirikan dibawah naungan Yayasan Zelani Al Mansyur Cipaku Bogor.Sehubungan dengan banyaknya siswa yang berasal dari wilayah Kota Bogor dan dirasakan terlalu jauh untuk ke Ciawi, maka pada tahun 1989/1990 dibuka cabang SMEA YZA Semeru Bogor yang berlokasi di jalan Dr. Semeru No. 59 Bogor.Dikarenakan sejak tahun 1990 tidak di perkenankan ada kelas jauh untuk satu sekolah, maka pada tahun 1991 SMEA YZA Semeru memisahkan diri dari SMEA YZA Ciawi, dan resmi sebagai sekolah mandiri dengan nama SMEA YZA 2 Bogor, berstatus DIAKUI. Berdasarkan Surat Keputusan Direjen. Pendidikan dan Menengah No. 488/C/Kep/I/1992 Tanggal 31 Desember 1992 tentang piagam Akreditasi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA ) Kejuruan Swasta.Sehubungan diberlakukannya Kurikulum SMK 1994 Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1993, Tanggal 27 Februari 1993 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (Kurikulum SMK). Maka sejak tahun pelajaran 1994/1995 secara otomatis SMEA YZA 2 Bogor Berganti nama manjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelompok Bisnis dan Manajemen YZA 2 Bogor.Kemudian berdasarkan Surat Edaran Kepala Bidang Dikmenjur Kanwil Dikbud Jawa Barat No. 150/102.8h/MN.1997 tanggal 28 mei 1997 tentang perubahan Nomenklatur SMK Swasta , maka sejak tahun pelajaran 1997/1998 SMK BM YZA 2 Bogor berganti nama menjadi SMK YZA 4 Bogor .Usaha SMK YZA 4 untuk meningkatkan perkembangan, telah membawa hasil yang luar biasa ditandai dengan meningkatnya Status Akreditasi Sekolah menjadi DISAMAKAN yaitu pada tanggal 10 maret 1998, berdasarkan SK DIRJEN DIKDASMEN R.I. Nomor : 35/ CC7/Kep/MN/1998.Dan pada tanggal 26 Januari 2006 berdasarkan Surat Keputusan BADAN AKREDITASI SEKOLAH (BAS) Provinsi Jawa Barat No. 02.00/001/BAS/2006 tentang Hasil Akreditasi Sekolah tahun 2005 SMK YZA 4 berhasil memperoleh nilai sebagai berikut :Akuntansi = Terakreditasi “A” dengan nilai (86,90)Penjualan = Terakreditasi “A” dengan nilai (91,30)Adm. Perkantoran = Terakreditasi ‘A” dengan nilai (90,45)

VISI DAN MISI SMK YZA 4

1. VISI :
“Memberdayakan SMK menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan yang berstandar nasional/ internasional dibidang Bisnis Manajemen”.
- Tahun 2010 terunggul di Kota Bogor
- Tahun 2015 terunggul di Tingkat Provinsi
- Tahun 2020 terunggul di Nasional

2. MISI :
a. Memberdayakan layanan pendidikan dan latihan yang berkualitas.
b. Menghasilkan tamatan yang mampu bersaing untuk mengisi lowongan kerja maupun mandiri di bidang Bisnis Manajemen.
c. Memberikan layanan jasa yang memuaskan dan mampu bersaing dengan usaha sejenis, bagi masyarakat pada umumnya dalam bidang Bisnis Manajemen

Selasa, 23 Desember 2008

STRUKTUR SMK YZA 4


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KURIKULUM SMK YZA 4

Kurikulum yang digunakan mengacu pada “Garis–garis Besar Program Pendidikan dan Pelatihan (GBPP) Kurikulum SMK“ edisi tahun 2006. Adapun Program Keahlian yang dibuka di SMK YZA 4 Bogor, meliputi 3 (Tiga) Program Keahlian yaitu :
1. Program Keahlian : Perdagangan
2. Program Keahlian : Administrasi Perkantoran
3. Program Keahlian : Akuntansi

1. PROGRAM KEAHLIAN : PENJUALAN
a. Tujuan Program Keahlian Perdagangan :
1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian bisnis dan manajemen, khusus Perdagangan.
2. Mampu memilih karier, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian bisnis dan manjemen, khusus Perdagangan.
3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun yang akan datang dalam lingkup keahlian bisnis dan manajemen, khusus Perdagangan.
4. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.
b. Jabatan dan Lingkup Pekerjaan : Jabatan tamatan program keahlian adalah tenaga penjualan, dalam lingkup pekerjaan Perdagangan.

c. Profil Kompetensi Tamatan :
1. Melaksanakan pelayanan prima
2. Membuka usaha berskala kecil
3. Mampu mengerjakan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang skala kecil.
4. Mengetik bebagai naskah / dokumen
5. Membuat surat niaga
6. Menerapkan prinsip pemasaran barang / jasa.
7. Mengoperasikan mesin–mesin bisnis
8. Melakukan penjualan / marketing

2. PROGRAM KEAHLIAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
a. Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran
1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian bisnis dan manjemen, khusus sekretaris.
2. Mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian bisnis dan manjemen, khusus sekretaris.
3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengsi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian bisnis dan manajemen.
4. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.
b. Jabatan dan Lingkup Pekerjaan :Jabatan tamatan program keahlian administrasi perkantoran adalah sekretaris yunior, dalam pekerjaan sekretaris.
c. Profil Kompetensi Lulusan
1. Melaksanakan Pelayanan prima
2. Membuat surat niaga dan menerapkan sistem kearsipan
3. Mengelola Administrasi Perkantoran
4. Mampu mengerjakan pekerjaan sekretaris
5. Menciptakan lulusan dengan berdasarkan pada tuntutan UUSPN Ps.3 :
- Beriman dan bertaqwa
- Berahlak mulia
- Sehat
- Kreatif
- Mandiri
- Demokratis
- Tanggung jawab
- Disiplin dan jujur

3. PROGRAM KEAHLIAN : AKUNTANSI
a. Tujuan Program Keahlian Akuntansi
1. Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian bisnis dan manajemen, khusus akuntansi.
2. Mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian bisnis dan manjemen, khusus akuntansi.
3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lngkup keahlian bisnis dan manajemen, khusus akuntansi
4. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.
b. Jabatan dan Lingkup Pekerjaan :Jabatan tamatan program keahlian akuntansi adalah Penata Buku Muda, dalam lingkup pekerjaan akuntansi.
c. Profil Kompetensi Tamatan :
1. Melaksanakan Pelayanan Prima
2. Mampu mengerjakan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan dagang
3. Mengetik berbagai naskah / dokumen
4. Mengerjakan akuntansi pos baik secara manual maupun komputer
5. Mencatat semua transaksi bidang keuangan
6. Mengerjakan akuntansi usaha khusus dan perhitungan harga pokok produksi secara manual maupun komputer
7. Menciptakan lulusan dengan berdasarkan pada tuntutan UUSPN Ps.3.Beriman dan bertaqwaBerahlak muliaSehatCakapKreatifMandiriDemokrasiTanggung jawabDisiplin dan Jujur

OSIS SMK YZA 4

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Selayang Pandang OSIS SMK YZA 4 Bogor

a. Tujuan OSIS
- OSIS merupakan wadah organisasi bagi para siswa pada sekolah formal yang bertujuan :
- Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan potensi dan kemampuan positif yang dimilikinya.
- Memberikan dasar-dasar pendidikan dan pengalaman berorganisasi
- Memberikan arah terhadap kegiatan siswa menuju kegiatan yang mendukung kelancaran proses pendidikannya di sekolah.
b. Masa Jabatan Pengurus OSISMasa jabaran pengurus OSIS SMK YZA 4 Bogor minimal 1 (satu) tahun pelajaran dan maksimal 2 (dua) tahun pelajaran. Sehingga siswa yang duduk di tingkat 1 (satu) dapat memiliki kesempatan untuk menjadi pengurus OSIS dan bagi siswa yang duduk di tingkat 3 (tiga) tidak diberi kesempatan kembali untuk menjadi pengurus, tetapi potensinya dimanfaatkan untuk turut memberikan pembinaan dan pengalaman kepada adik kelas para penerusnya.
c. Sistem Kaderisasi Pengurus OSISSistem pengkaderan OSIS SMK YZA 4 Bogor, dilaksanakan sebagai berikut :
- Calon pengurus OSIS diambil dari, siswa baru yang berpotensi saat MOS, siswa yang berminat dan pengurus kelas.
- Tes tertulis dan interview oleh Tim Kaderisasi Pengurus OSIS terdiri dari (Guru dan Kepala Sekolah).
- Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan pelaksana Alumni SMK YZA 4 Bogor.
- Penilaian akhir para calon pengurus OSIS setelah melalui tahap seleksi di atas untuk dipilih sebanyak 30 orang siswa pengurus OSIS.
d. Kegiatan OSISDalam aktivitasnya OSIS berada di bawah naungan kelembagaan sekolah dan pembinaannya ditunjuk seorang Guru sebagai Pembina OSIS dengan jabatan strukturalnya Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan dan Ekstrakurikuler. Adapun aktivitas rutin OSIS yang telah diprogramkan selama ini meliputi :
- Kegiatan Orientasi Siswa Baru
- Perayaan Hari Besar Nasional dan Keagamaan
- Kegiatan pelepasan lulusan (Perpisahan)
- Pemilihan Pengurus OSIS- Latihan Dasar KepemimpinanSedangkan aktivitas temporer yang sering dilaksanakan adalah :
- Mewakili sekolah dalam kegiatan siswa tingkat Kota atau Propinsi- Mengikuti seminar-seminar yang bertemakan peningkatan kualitas generasi muda
- Mengikuti kegiatan bhakti sosial tingkat sekolah maupun tingkat kota.e. Persyaratan Pengurus OSISSyarat-syarat pokok untuk menjadi pengurus OSIS SMK YZA 4 Bogor adalah :
- Siswa SMK YZA 4 Bogor yang aktif dan duduk di tingkat I atau II- Percaya dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Memiliki dasar sikap mental kepribadian yang baik
- Memiliki dasar kemampuan berorganisasi, kreatif, inovatif, berjiwa pemimpin, punya kemauan keras untuk maju, ulet dan percaya diri.
- Memiliki potensi dalam bidang tertentu dan mau mengembangkannya ke arah yang lebih baik.